Cari Blog Ini :

Rabu, 01 Januari 2014

Gaya Hidup Sehat


Sahabat DaGakers, memiliki jiwa & raga yang sehat adalah dambaan semua orang, namun dalam realitasnya sangatlah sulit menjalani hidup sehat secara rutin maupun disiplin. Apalagi pola hidup sehat masyarakat abad 21 ini sudah tergerus dengan makanan cepat saji serta kemudahan konektivitas sehingga orang malas untuk bergerak!

Dengan rutinitas aktivitas serta kesibukan bekerja saat ini, orang sudah mulai tidak memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan seperti makanan, minuman, olah raga, dan nutrisi yang dikonsumsi, bahkan seringkali orang tidak dapat lepas dari stress. Jika ini dibiarkan terus menerus akan berdampak semakin banyak penyakit yang timbul dan semakin lama sulit untuk diatasi. Marilah berubah untuk hidup menjadi lebih sehat, bagaimana caranya?
Berikut 10 tips agar kita hidup menjadi lebih sehat, berumur panjang dan dapat menikmati rezeki dari Allah :
1.       Bertemanlah dengan Komunitas yang mengacu pada pola hidup sehat
Sebagai mahluk sosial kita tidak dapat lepas dari konsep pertemanan, mulailah berteman dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup yang sehat, orang akan mudah beradaptasi jika komunitas maupun lingkungannya mendukung. Carilah lingkungan atau komunitas tersebut untuk menguatkan anda menjalani pola hidup yang sehat.
 
2.       Mulailah membuat komitmen dengan diri sendiri atau bersama orang terdekat
Tetapkan komitmen anda atau bahkan dapat bersama-sama dengan teman, sahabat bahkan pasangan anda untuk memulai gaya hidup sehat. Ini setidaknya menjaga anda untuk tetap berada pada “track” dan dapat saling mengingatkan.
 
3.       Rutin berolahraga
Ini merupakan salah satu factor yang dapat membuat badan anda lebih sehat dan fit sepanjang hari. Anda dapat memulainya dengan menyisihkan waktu pagi untuk berolahraga pagi seperti berjalan, berlari, maupun bersepeda santai.
 
4.       Lebih sering tertawa atau tersenyum
Karena aktivitas tersenyum maupun tertawa berdampak sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta kesehatan tubuh itu sendiri. Anda dapat memulainya dengan sering bercanda dengan teman atau menonton berbagai acara komedi di televisi.
 
5.       Hindari Makanan Siap Saji
Usahakan untuk membatasi, mengurangi, atau bahkan menghilangkan untuk mengkonsumsi aneka makanan siap saji. Dengan mulai memasak makanan sendiri, anda akan lebih mengetahui, apakah makanan yang anda masak baik bagi kesehatan tubuh anda atau malah berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.
 
6.       Biasakan berjemur sinar matahari pagi
Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Ini dikarenakan, dengan terpapar sinar matahari pagi, maka tubuh akan terpacu untuk memproduksi vitamin D. Vitamin D pada tubuh memiliki fungsi untuk menangkal penyakit jantung, aneka jenis kanker dan juga mencegah pengeroposan tulang dini.
 
7.       Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran
Menambah atau memperbanyak untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran sangat baik untuk menutrisi tubuh anda. Berbagai buah-buahan seperti jeruk, semangka, pepaya, apel dan lain-lain serta aneka sayuran seperti bayam, sawi, dan lain-lain merupakan nutrisi yang baik untuk tubuh anda.
 
8.       Tambahan asupan suplemen
Menambah asupan suplemasi untuk membantu kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.
 
9.       Lebih sering bersyukur dan belajar menikmati segala tantangan hidup
Dengan sering kita bersyukur maka kita dapat terhindar dari rasa khawatir dan stress. Dengan belajar menikmati semuanya akan meringankan beban pikiran kita, seperti kita tahu asal mula penyakit juga berawal dari pikiran dan psikis yang tidak sehat. Pasrahkan saja kepada Allah, kesusahan hari ini, hanyalah untuk hari ini, kesusahan hari esok kita serahkan kepada Allah.
 
10.   Hindari kebiasaan hidup tidak sehat
Seperti kita ketahui kebiasaan merokok dan minuman berakhohol merusak sistem metabolisme kita dan tentunya ini akan menjadi symptom penyakit bertumbuh. Sesuatu yang berlebihan, apapun itu tidaklah menyehatkan, mulailah seimbangkan semuanya, asupan nutrisi, makanan, minuman, pikiran, aktivitas, dan sebagainya. Sakit itu mudah, mau sehat itu susah, tetapi untuk mengobati yang sakit jauh lebih mahal, selain biaya juga menghabiskan waktu orang lain untuk merawat anda!
Selamat menjalani hidup sehat sahabat Dapoer Glagah, dan jangan lupa mampir Rumah Makan Dapoer Glagah sebagai bagian dari menjalani hidup sehat anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar