Cari Blog Ini :

Kamis, 13 Maret 2014

6 Langkah sederhana mengelola dan merencanakan keuangan yang bertanggungjawab


Sahabat Dagaker, pernahkan anda merasa berada dalam posisi bermasalah dengan keuangan? Jika, pernah itu wajar, tetapi jika terlalu sering perlu di cari sebab musabab-nya. Pernah dengan kalimat ini: ”Tidak semua di dunia ini dapat dinilai dengan uang, namun kalau tidak punya uang di jamin lebih sengsara“. Uang! …adalah salah satu benda di dunia yang selalu di cari dan dikoleksi sebanyak-banyaknya oleh seluruh orang di dunia…demi apa ya? Demi banyak hal, karena setiap orang memiliki alasannya masing-masing. Namun, seberapapun pendapatan anda, jika pengeluarannya melebihi pendapatannya, maka dijamin anda tidak akan pernah hidup tenang!
Berbicara uang, kita tidak boleh lepas pengelolaan keuangan yang baik dan benar, berikut ini 6 tips agar anda tidak terperosok lebih dalam dengan masalah keuangan:
1. Tentukan tujuan keuangan anda sejak dini
  Akan lebih memudahkan bagi anda jika sudah menentukan tujuan keuangan anda, misalnya membeli rumah, mobil, asuransi, pengembangan keuangan melalui sekuritas, emas, reksadana, deposito, dll. Sekecil apapun anda ingin melakukan pengeluaran, sebaiknya direncanakan dengan baik dan matang terlebih dahulu. 
2. Buat rencana pos-pos pengeluaran anda yang rutin maupun non-rutin.
  Setelah anda sudah menetapkan tujuan keuangan anda baik itu jangka pendek, menengah atau panjang, segeralah alokasikan dana anda dan disiplin menjalankan pengelolaan pos-pos pengeluaran tersebut, pengeluaran yang konsisten dan terkendali akan memudahkan anda dalam menghadapi kondisi ketidakpastian di masa yang akan datang.
3. Pahami kondisi keuangan anda sendiri
  Dengan mengetahui kondisi keuangan anda, akan membantu anda dalam berperilaku belanja yang baik dan benar. Sebaiknya catat seluruh pengeluaran anda, agar anda dapat mereview perilaku belanja anda dan bagaimana memperbaikinya jika di perlukan.  
4. Jika anda memiliki kartu kredit, gunakan dengan bijaksana
 Kartu kredit jika digunakan secara bijaksana akan membawa manfaat yang luar biasa bagi pemakainya, namun dijalankan sebaliknya maka dapat berakibat buruk. Gunakan sesuai dengan kapasitas income anda, segera lunasi tagihan dan jangan ditunda pelunasannya, serta pastikan memiliki kartu kredit maksimum 3 kartu kredit. 
5. Jalankan komitmen yang sudah anda buat, jangan mudah tergoda menjadi konsumtif
 Belanjalah sesuai dengan kebutuhan anda, artinya janganlah tergoda belanja berlebihan hanya untuk memanjakan mata anda atau bahkan karena gengsi. Lakukan riset online/offlie saat akan membeli barang dan yang terpenting jangan tergoda oleh diskon!
6. Cari pendapatan lebih dari sumber
 Berhati-hatilah jikalau anda dalam posisi pengeluaran anda lebih besar dari pendapatan anda, ada baiknya anda mulai memikirkan untuk mencari pendapatan tambahan guna menutupi pengeluaran yang semakin besar. Dengan demikian, anda akan dapat hidup lebih tenang dan bahagia tentunya.
Semoga bermanfaat Dagaker, mulailah hidup hemat dan kelola perencanaan keuangan dengan baik sejak dini. Satu lagi, jangan lupa mampir ke Dapoer Glagah sebagai salah satu cara untuk makan puas  dengan harga pas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar